May 18, 2010

BENTUK-BENTUK BADAN USAHA I

BENTUK-BENTUK BADAN USAHA I


1. Badan Usaha dan Perusahaan

Badan usaha dan perusahaan sangat erat hubungannya dan sulit dipisahkan.Dalam praktik,kedua istilah itu seolah-olah sama meskipun ada perbedaan.Badan usaha adalah pusat organisasi modal dan tenaga kerja yang mengadakan kerjasama untuk memperoleh keuntungan,sedangkan perusahaan adalah bagian teknis dari kesatuan organisasi modal dan tenaga kerja dengan tujuan menghasilkan barang dan jas.Baik badan usaha maupun perusahaan didirikan dengan tujuan mencari keuntungan.

2. Manajemen perusahaan

Stuktur organisasi perusahaan banyak tergantung kepada besar kecilnya perusahaan,jumlah SDM,luas pemasaran(apakah mencangkup sebagian atau seluruh provinsi),juga apakah pemasaran sampai ke luar negeri dan lain-lain.Namun,pada prinsipnya,setiap perusahaan dipimpin oleh beberapa pejabat penting.
1.) Manajer
Manajer adalah pemimpin perusahaan yang bertindak sebagai pengambil keputusan,memotivasi para pekerjaa agar mampu dan mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan.Manajer perudsahaan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut:
a. Fungsi perencanaan
kegiatan-kegiatan pokok perencanaan meliputi tujuan,penyusunan program dan jadwal,penyusunan anggaran,pengembangan prosedur,serta penempatan dan penafsiran kebijakan.Perencanaan perusahaan antara lain meliputi produksi,pemasaran,SDM,dan ketatausahaan.
b. Fungsi Pengorganisasian
Termasuk fungsi ini antara lain menyusun struktur organisasi,mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab,serta menetapkan hubungan antarbagian dalam organisasi.
c. Fungsi pelaksana kerja berdasarkan kerja berdasarkan rencana yang telah disusun
Rencana baru berarti bila telah dilaksanakan.agar dicapai hasil byang diinginkan,manager harus terlibat dalam pelaksanaan rencana kerja.tujuannya supaya dicapai koordinasi antarbagian dan kualitas proses dan hasil produksi senantiasa terjaga.
d. Fungsi pengawasaan
Manajer mengawasi apakah pelaksanaan dan hasilnya telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan.Dalam melaksanakan tugas yang cangkupannya luas itu manajer dibantu oleh beberapa kepala bagian produksi,kepala bagian pemasaran,kepala bagian pengawaian,dan kepala bagian keuangan.






2.) Kepala baian produksi
Tugas kepala bagian produksi adalah bagaimana meningkatkan produksi,baik dalam jumlah maupun mutu sedemikian rupa sehingga dalam keadaan laba yang optimum.Dengan demikian,harus diupayakan efisiensi dalam pembiayaan produksi.
3.) Kepala bagian perencanaan
Bagian pemasaran membuat perencanaan dan pelaksanaan pemasaran serta usaha-usaha lain yang menuju peningkatan hasil penjualan.tugas ini erat kaitannya dengan promosi dan didtribusi.bagian ini sangat penting karena akan mempengaruhi bidang-bidang lainnya.
4.) Kepala bagian keuangan
Bagian keuangan antara lain mengatur dan mengelola permodalan,pembayaran gaji,dan penyediaan dana perusahaan.Bagian ini perlu ditangani oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan jujur.


3. Pengusaha

Agar organisasi badan usaha berjalan dengan lancar dan bisa menciptakan keuntungan diperlukan seorang untuk mrngatur organisasi modal,dan tenaga kerja agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efesien.Orang yang mengatur tata kerja ataupun kerja sama antara modal dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan disebut pengusaha.Pengusaha mengatur dan memimpin pekerja sehari-hari untuk menjalankan badan usaha atau perusahaan.Bagi pengusaha indonesia,sifat-sifat itu harus ditambahkan yaitu bahwa sebagai seorang pengusaha ia harus memiliki keimanan dan ketaqwaan.

4. Lapangan Usaha

Menurut lapangannya,perusahaan-perusahaan atau badan usaha yang ada dapat digolongkan menjadi sebagai berikut :
a. Perusahaan ekstraktif
Lapangan usaha perusahaan ekstraktif adalah memungut hasil alam atau mengumpulkan kekayaan alam yang tersedia di alam dengan tidak mengubah sifatnya.
b. Perusahaan agraris
Lapangan usaha perusahaan agraris adalah mengolah tanah seperti pertanian dan perkebunan,perusahaan agraris dipengaruhi o;eh alam,keadaan tanah,dan iklim.
c. Perusahaan perdagangan
Lapangan usaha perdangan adalah meliputi pembelian barang dan penjualan barang,baik ditempat sendiri maupun ditempat yang lain.perusahaan perdangangan antara lain perusahaan ekspor,perusahaan impor,toko,dan warung.
d. Perusahaan industri
perusahaan industri adalah perusahaan yang mengubah dan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi.Disaming bahan baku masih diperlukan bahan -bahan pembantu lainnya sebagai campuran sehingga bahan baku tersebut dapat diolah menjadi barang yang dimaksudkan.
e. Perusahaan jasa
Perusahaan jasa menghasilkan pelayanan dan kepuasan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.Misalnya pengangkutan,perbankan,asuransi,bioskop,dan lain sebagainya.

Refrensi :
Buku Ekonomi Yudistira SMK

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates