October 2, 2012

Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi



Ciri-ciri organisasi
Berikut ini adalah ciri-ciri dari organisasi :
  • Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan. 
  • Dikembangkan untuk mencapai tujuan 
  • Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun 
  • Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi. 

Unsur-unsur Organisasi
Ada beberapa unsur-unsur Organisasi yaitu :
  • Manusia (Man) 
  • Kerjasama 
  • Tujuan Bersama 
  • Peralatan (Equipment) 
  • Lingkungan 
  • Kekayaan alam Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi  

Teori Organisasi
Teori Organisasi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu :
  1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional), Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Dalam teori ini berkembang dalam 3 Aliran,yaitu : Teori Birokrasi, Teori Administrasi dan Manajemen Ilmiah 
  2. Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi), Dalam Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada  “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.  
  3. Teori Organisasi Modern, Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neokalsi. Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan  yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan.  


Sumber :

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates