March 23, 2012

Aplikasi-aplikasi GIS opensource dan non-opensoure

Aplikasi-aplikasi GIS opensource dan non-opensoure



1. Non-Opensource
  • Mapinfo

MapInfo merupakan program aplikasi yan g digunakan untuk tujuan pemetaan. MapInfo memberikan kemampuan variasi tampilan peta, peningkatan kualitas gambar dan proses edit pada setiap layer. Adanya fasilitas register memberikan tampilan peta secara lebih informatif, seperti menentukan jarak (jalan, sungai) ataupun luas dan skala suatu wilayah. Penggunaan dalam bidang hidrologi isotop dan kimia telah memberikan manfaat yang sangat berarti karena dapat menggambarkan variasi tampilan peta yang menarik yang berhubungan dengan penelitian isotop dan kimia sehingga memudahkan dalam melakukan interpretasi. Diantara peta-peta, MapInfo memberikan pembatasan, raster image dan kemampuan mengedit. Beberapa peta telah diimprovisasi seperti pemetaan tematik baru, layer control dan styles.

Penggunaan MapInfo dalam bidang hidrologi terutama ditujukan untuk memetakan pola aliran air tanah, baik air tanah dangkal maupun air tanah dalam, memetakan asal-usul air tanah, memetakan kontur umur air tanah. Beberapa jenis isotop yang biasa dipetakan adalah 2H, 3H, 18O dan 14C. Keempat jenis isotop tersebut merupakan isotop alam yang digunakan untuk penelitian air tanah. Variasi nilai isotop yang dipetakan tersebut akan memberikan gambaran yang lebih informatif sehingga membantu dalam memudahkan interpretasi data. Pola kontur pada mulanya dibuat menggunakan program aplikasi Surfer sebagai referensi pola yang akan di digitisasi pada MapInfo. Melalui fasilitas register dapat diketahui atau ditentukan lokasi sampling secara pasti berdasarkan koordinatnya.


  • Arcview

Arcview merupakan salah satu perangkat lunak GIS yang populer dan paling banyak digunakan untuk mengelola data spasial. Arcview dibuat oleh ESRI (Environmental Systems Research Institute). Dengan Arcview kita dengan mudah dapat mengelola data, menganalisa dan membuat peta serta laporan yang berkaitan dengan data spasial bereferensi geografis.



2. Opensouce


Ada beberapa aplikasi GIS yang opensource disini penulis membahas sedikit tentang aplikasi opensource Grass dan MapWindow.

  • Grass

GRASS adalah Sistem Informasi Geografis yang dipergunakan untuk manajemen data, prosesing image, memproduksi grafik, model spasial dan juga untuk visualisasi bermacam-macam tipe data. Aplikasi ini dibawah lisensi GNU/GPL.

Aplikasi ini pada awalnya dikembangkan oleh U.S. Army Construction Engineering Research Laboratories (USA-CERL, 1982-1995), dimana USA-CERL adalah cabang dari US Army Corp of Engineers. Pertama kali dikembangkan, aplikasi ini digunakan untuk perencanaan tata guna lahan dan juga perencanaan lingkungan oleh militer. Selanjutnya GRASS berkembang menjadi sebuah aplikasi yang powerful dan digunakan untuk berbagai kepentingan riset ilmu pengetahuan. GRASS saat ini dipergunakan oleh kalangan akademik dan juga para pebisnis diseluruh dunia. Beberapa diantaranya yang menggunakan GRASS adalah NASA, NOAA, USDA, the National Park Service, the U.S. Census Bureau, USGS, dan juga beberapa perusahaan konsultan lingkungan ataupun engineer.

GRASS memungkinkan penggunanya untuk menganalisis, menyimpan, mengupdate, membuat pemodelan dan menampilkan data secara cepat dan mudah. Meskipun pada awalnya aplikasi ini dipergunakan untuk perencanaan tata guna lahan namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini dipergunakan untuk kepentingan engineering lainnya seperti hidrologi, geologi, fisika, statistik, sensor remote atapun yang lainnya.

  • MapWindow

Aplikasi MapWindow GIS adalah aplikasi yang free, sehingga bebas digunakan tanpa harus membayar biaya license 1 rupiah pun. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan

•Sebuah alternatif untuk aplikasi desktop GIS

•Untuk distribusi data

•Untuk mengembangkan sebagai alat analisis data spasial spatial tertentu

Aplikasi ini bebas di download dan bebas untuk didistribusikan serta dapat diperoleh di Map Window website www.mapwindow.org. Catatan untuk windows xp : sebelum melakukan instalasi MapWindow GIS terlebih dahulu install dotnet frame work.


Aplikasi MapWindow adalah tampilan data spasial yang adapat langsung digunakan dan dapat dimodifikasi menjadi aplikasi yang baru dengan tambahan menu-menu yang baru. Aplikasi baru dapat dihasilkan dengan mengubah File konfigurasi dan file proyek Mapwindow. Kedua file ini dapat mengubah tampilan dari aplikasi mapwindow. File-file ini mengunakan format XML yang dapat diubah langsung melalui notepad atau XML editor.

...

Kegunaan Mapwindow :

1. Sebagai salah satu alternatif pengolah data Sistem informasi Geografis (SIG) yang ada.

2. Untuk mendistribusikan Data-data Geografis.

3. Untuk mengembangkan dan mendistribusikan hasil dari Analisa data spasial.

Kelebihan Mapwindow :

- Mapwindow bukan hanya digunakan untuk menampilkan data SIG, tetapi juga sebagai Sistem informasi Geografis yang dapat dikembangkan.

- Mapwindow memiliki visualisasi data SIG yang standar seperti mengubah tabel DBF, mengubah bentuk file, dan mengirim serta mengubah Grid.

- Mapwindow dapat didistribusikan secara Gratis.

- Mapwindow mudah digunakan bila dibanding dengan apliksi SIG lainnya.

Kekurangan Mapwindow :

- Mapwindow tidak kompatibel pada semua Sistem operasi, pada Sistem Operasi Tertentu, mapwindow tidak dapat dijalankan.

Refrensi :

mysetiawan.files.wordpress.com/

Tugas Makalah GIS institute Teknologi sepuluh November

http://widyawarta.wordpress.com/2010/06/29/mapwindow-gis/


2 comments:

Unknown said...

Terimakasih atas informasinya,ternyataMapinfo termasuk kedalam aplikasi yang Non-Opensource
kunjungi website saya di : https://fitriyanti.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

wahh bagus artikelnya ..
terimakasih ya gan semoga saya bisa menggunakan salah satu dari aplikasi GIS baik itu Opensource maupun Non-Opensource

jangan lupa Kunjungi website saya https://hafaz.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates