March 20, 2012

Tugas Etika dan profesionalisme tsi

Etika pada Teknologi Sistem Informasi


Etika adalah perbuatan yang berhubungan dengan etis. Etis adalah perbuatan yang beretika baik.jadi bias disimpulakan pengertian etika dalam dunia teknologi informasi adalah sebuah perbuatan yang beretika dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran Suatu informasi , Permasalahan – permasalahan etika yang muncul / terjadi di lingkungan system informasi karena sebagai berikut :

  1. Teknologi informasi mempunyai pengaruh yang mendalam di dalam kehidupan manusia dan sesuatu yang mempunyai pengaruh tehadap kehidupan manusia berhubungan dengan etika.
  2. Manajer menentukan bagaimana teknologi informasi digunakan di organisasi, sehingga mereka juga bertanggung jawab terhadap permasalahan etika akibat dari penerapan teknologi informasi tersebut

Adapun etika-etika yang harus dilakukan oleh :
  1. Pengguna teknologi informasi bagi pengguna teknologi informasi adalah harus menjaga sikap dalam menggunakan atau memanfaatkan informasi. Sebagai pengguna jelas kita sangat diuntungkan dengan teknologi-teknologi yang telah ada tanpa harus kita merancang dan membuatnya terlebih dahulu, oleh sebab itu sudah sewajarnya bagi kita untuk menjaga sikap kita dalam menggunakan teknologi-teknologi yang ada sekarang ini. Dan jangan menyalahkan gunakan wewenang kita sebagai pengguna teknologi informasi.

  2. Pengelola teknologi informasi bagi pengelola informasi hala utama yang harus dilakukan adalah menyebarkan informasi-informasi yang benar dan ter-otentikasi, jangan sampai menyebarkan informasi yang tidak benar. Karena nantinya akan menimbulkan masalah baik bagi pengelola informasi itu sendiri dan jug bagi pengguna. Karena informasi yang salah itu bias saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan bagi pengelola haruslah bias membedakan mana informasi yang bias disebarkan dan mana informasi yang harus di rahasiakan.

  3. Pembuat teknologi system informasi yang harus dilakukan bagi pembuat informasi adalah membuat informasi-informsi yang akurat, dan juga harus dapat menghargai hak cipta yaitu hak yang dijamin oleh kekuatan hukum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seizin pemegangnya. Jadi apabila kita ingin menyebarkan sebuah informasi teytapi dari sebuah situs orang lain sebagai pembuat haruslah kita meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik situs tersebut.

contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi :

Contoh : salah satu contoh etika dalam teknologi informasi adalah dalam penyebaran informasi. Sekarang ini banyak sekali para pengguna yang mengambil informasi dari blog, website orang tanpa meminta izin terlebih dahulu atau mereka tidak mencantumkan sumber informasi tersebut. Menghina orang dalam sebuah situs hal ini tentu sering terjadi apabila kita tidak menyukai salah orang tersebut. Hal ini adalah sikap buruk yang seharusnya tidak kita lakukan.








Refrensi :

http://arisnews.com/sistem-informasi/pengelolaan-etika-dan-keamanan-sistem-informasi.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/tugas-1-etika-dan-profesionalisme-tsi-2/






2 comments:

andiny oktariana said...

kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

ai5yah-muut said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates