March 30, 2010

Permintaan dan Penawaran

A. Permintaan dan Penawaran

a. Permintaan
Dalam ilmu ekonomi permintaan adalah jumlah produk yang diinginkan dan mampu dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga dalam jangka waktu tertentu dengan menganggap faktor yang mempengaruhinya konstan/tetap(ceteris paribus).dari pengertrian tersebut di atas terdapat tiga hal penting: pertama jumlah yang diminta(quantity demanded)merupakan kualitas yang diinginkan konsumen,kedua apa yang diinginkan konsumen diikuti oleh kemampuan membeli barang atau jasa tersebut pada harga barang atau jsa tersebut, dan yangketiga adalah jumlah yang diminta merupakan arus pembelian yang terus-menerus sehingga harus dinyatakan dalam satuan waktu.

Hukum permintaan
"Hukum permintaan menyatakan bahwa harga sebuah barabg meningkat,kuantitas yang diminta akan turun,sebaliknya kuantitas yang diminta akan naik jika harga sebuah barang mengalami npenurunan.dalam hal ini kuantitas yang diminta berhubungan negatif dengan harga barang."ada kalanya hukum permintaan tidak berlaku,yaitu kalau harga suatu barang naik justru permintaan terhadap barang tersebut meningkat.

faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

faktor-faktor dari permintaan terdiri atas :
1. selera
selera bisa menjadi penentu permintaan yang paling jela. contohnyaapabila anda tidak menyukai komik, maka anda tidak akan membeli komik sehinngga permintaan anda terhadap komik tidak ada,sebaliknya jika anda menyukai komik maka otomatis permintaan akan komik yang anda suka akan meningkat.
2. Harga barang dan jasa
harga suatu produk merupakan penentu permintaan yang paling penting.sebagaimana telah kita ketahui dari hukum prmintaan jika harga barang naik,maka kuantitas yang diminta dari barang tersebut turun,sedangkan bila harga turun kuantitas yang diminta dari barang tersebut naik.hal ini karena dua efek yang telah kita bahas sebelumnya,yaitu efek pendapatan dan efek subsitusi.
3. pendapatan
Jumlah pendapatan mempengaruhi permintaan, jika jumlah pendapatan anda bekurang ,permintaan anda juga akan berkurang.barang yang berkurang permintaanya ketika pendapatan berkurang disebut dengan barang normal/.sedangkan barang yang meningkat permintaanya karena pendapatan berkurang disebut barang inferior.
4. Harga barang lain yang berkaitan(subsitusi/pelengkap)
Harga barang lain ikut mempengruhi permintaan terhadap suatu barang. seperti dijelaskan dalam hukum permintaan, kaitan suatu barang bisa berbentuk subsitusi(saling menggantikan)atau komplemen(saling melengkapi).dengan demikian suatu barang yang berkaitan secara subtitusi dengan barang lain,bila terjadi kenaikan harga,permintaan terhadap barang subtitusinya akan meningkat, sedang jika terjadi penurunan harga permintaan terhadap barbg subsitusinya juga menurun.sedangkan untuk barang komplemen adsalah barabg yabg saling melengkapi, misalnya printer dengan tintanya,komputer dengan monitornya,dan sepeda motor dengan bensinnya.jika terjadi kenaikan harga suatu barang,maka hal ini juga berpengaruh terhadap barabg komplennya,pengaruh tersebut adalah ikut mempengaruhi menurunnya permintaan terhadap barang tersebut.

5. Ekspektasi
ekspetasi(perkiraan tentang masa depan)ikut mempengaruhi permintaan.Jika anda mempekirakan harga suatu barang akan turun tahun depan maka anda akan menunda pembelian barnga tersebut sehingga mengurangi permintaan anda terhadap barang tersebut.sebaliknya jika diperkirakan harga akan naik, anda akan memutuskan untuk membeli saat ini.sehingga menigkat permintaan anda terhadap barang tersebut.

b. Penawaran
Penawaran berasal dari produsen.penawaran dalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam jangka waktu tertentu.jumlah barang yang ditawarkan bisa berbeda dengan jumlah yang benar-benar dijual.bisa saja jumlah yang dittawarkan lebih besar daripada jumlah yang benar-benar terjual.

Hukum penawaran
"hukum penawaran menyatakan bahwa jika harga naik,kuatintas yang ditawarkan juga akan naik,ceteris paribus.hal ini menunjukan hubungan yang positif antara harga barang/jasa dengan kuantitas yang ditawarkan.

Faktor-faktor penawaran
faktor-faktor yang mempengaryhi penawaran adalah:
1. harga barang itu sendiri
jika harga suatu barang naik,maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan.hal ini membawa kita ke hukum penawaran yang menjelaskan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan penjual.

2. harga barang lainyang terkait
barang-barang subsitusi dapat mempengaruhi penawaran suatu barang,secara umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang subtitusi naik,maka penawaran suatu barang akan bertambah,dan sebaliknya.sedangkan untuk barang komplemen,dapat kita nyatakan bahwa apabila harga barang komplemen naik,maka penawaran suatu barang berkurang,dan serbaliknya.

3. harga faktor produksi
kenaikan harga faktor produksi,seperti tingkat upah yang lebih tinggi,harga bahan baku yang meningkat,atau kenaikan tingkat bunga modaal,akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikitdengan jumlah angaran yang tetap.kenaikan harga faktor produksi ini juga akan mengurangi laba perusahaan.
4. Biaya produksi
kenaikan harga input sebenarnya juga menyebabkan kenaikan biaya produksi.dengan demikian,bila biaya produksi meningkat,maka produsen akan mengurangi hasil produksinya,berarti penawran barng itu berkurang.
5. teknologi produksi
kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi,dan menciptakan barang-barang baru.dalam hubungannya dengan penawran akan suatu bgarang,kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawarn barang.
6. Jumlah pedagang/penjual
apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7. Tujuan perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba,bukan memaksimumka hasil produksinya.akibatnya,tiap produsen tidak brusaha utuk memanfaatkan kapasitas produksinya secaramaksimum,tetapi akan menggunakannnya pada tingkat produksi yang memberikan keuntungan maksimum.Dengan demikian penawaran akan sustu barang dipengaruhi oelh tujuan yang ingin dicapai produden.
8. kebijakan pemerintah
kebijakan pemerintah juga dapat mempengaruhi penawaran akan suatu barang.di Indonesia, beras merupakan makanan utama, kebijakan pemerintah untuk mengurangi impor beras dan meningkatkan produksi sdalam negeri guna tercapainya swasembada bertas.kebijakan ini jelas menambah supply beras dan keperluan impor beras dapat dikurangi.



B. Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan terbentuk karena bertemunya permintaan dan penawaran pada suatu titik yang disebut titik equilibrium,namun sebelumnya terbentuknya hrga keseimbangan tersebut,pasar bisa mengalami kelebihan permintaan atau kelebihan penawaran.Harga keseimbangan atau disebut juga harga pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama.
Perubahan keseimbangan dapat terjadi kontra

Pergeseran Kurva Permintaan dan Penawaran

a.) pergeseran kurva permintaan
Pergeseran kurva permintaan menunjukkan adanya perubahan permintaan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor selain harga. Pergeseran kurva permintaan ditunjukkan dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri.
Permintaan suatu barang A merupakan fungsi dari harga barang A sendiri.
QDA = f(PA), ceteris paribus
atau
QDA = f(PA,PB,…,Pz,I,T,W)
QDA = Kuantitas barang A yang diminta
PA = harga barang A
PB,…,Pz = harga barang barang lain
I = pendapatan (income)
T = selera (taste)
W = kemakmuran (wealth)

b.) Pergeseran Kurva Penawaran
Sama halnya pada pergeseran kurva permintaan, kurva penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran selain faktor harga. Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan. Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang.
Permintaan suatu barang A merupakan fungsi dari harga barang A sendiri.
QSA = f(PA), ceteris paribus
atau
QSA = f(PA,S,F,X,T)
QDA = Kuantitas barang A yang ditawarkan
PA = harga barang A
S = penawaran dari masukan-masukan (inputs)
F = keadaan alam
X = pajak/subsidi
T = selera (taste)

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates