November 9, 2012

BENTUK-BENTUK ORGANISASI DARI SEGI BAIK DAN BURUKNYA



SPAN OF CONTROL DALAM STRUKTUR ORGANISASI

struktur organisasi adalah suatu bagan khusus dari hubungan antara kegiatan usaha dan sumber daya yang ada didalam organisasi disertai dengan tugas-tugas yang mereka jalankan. Dengan
adanya struktur organisasi, maka stabilitas dan kontinuitas organisasi tetap bertahan. 

Span of control sendiri memiliki arti yang bermacam-macam Yaitu da yang mengatakan span of control, span of authority, span of attention atau span of supervition.span of control juga dapat di bilang rentang kendali dari manajemen puncak terhadap seluruh aktivitas yang ada dalam suatu  organisasi. ada juga bergantung pada seberapa besar organisasi yang dikelola baik dari segi struktur (vertikal & horizontal) maupun ruang lngkup aktivitas organisasi.

pertama rentang manejemen mempengaruhi penggunaan efisiensi dari manajer dan pelaksanaan kerja efektif dan bawahan mereka. Kedua, adanya hubungan antara rentang manajemen dengan struktur organisasi, dimana semakin sempit tentang manajemen struktur organisasi akan berbentuk “tall” sedang rentang manajemen yang melebar akan membentuk struktur organisasi “flat” yang berarti tingaktan manajemen semakin sedikit. Semakin besar organisasi semakin besar pula SOC.  Boleh dikatakan untuk mengukur SOC relatif sulit karena sangat bergantung pada. keyakinan manajemen puncak bahwa fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuiting dan CONTROLLING) dalam telah berjalan baik sesuai dengan harapan dan kebijakan yang ditetapkan.


BENTUK-BENTUK ORGANISASI DARI SEGI BAIK DAN BURUKNYA

 
1.      Organisasi Lini

Organisasi Lini adalah bentuk organisasi yang didalamnya tedapat garis wewenan yang berhubungan langsung secara vertikal antara atasan dengan bawahan. Setiap kepala unit mempunyai tanggung jawab untuk melaporkan kepada kepala unit satu tingkat diatasnya
Kebaikannya :
-          Atasan dan bawahan dihubungkan dengans satu garis komodo
-          Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
-          Disiplin dan loyalitas tinggi
-          Rasa saling pengertian antar anggota yang tinggi
Keburukan :
-          Ada tendensi gaya kepemimpinan oktoratis
-          Pengembangan kretifitas pegawai terhambat
-          Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
-          Karyawan tergantung pada satu orang pada organisasi

2.      Organisasi lini dan staff

Organisasi lini dan staff adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal,dan sepenuhnya dari puncak pimpinan ke kepala bagian di bawahnya serta masing-masing pejabat,manajer ditempatkan satu atau lebih staffyang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat.
Kebaikannya :
-          Ada pembagian tugas yang jelas
-          Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
-          Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin
-          Staffing dilaksanakan sesuai dengan prinsip the right man inthe right place.
Keburukannya
-          Tugas pokok orang-oramg sering duinomor duakan
-          Persaingan yang tidak sehat antara pejabat yang satu dengan pejabat yang lain
-          Jika pertmbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan nepotism spoil-system patronage

3.      Organisasi Fungsional

Organisasi fungsional adalah suatu organisasi yang mana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
Kebaikannya :
-          Program terarah, jelas dan cepat
-          Anggaran, personalia, dan sarana tepat dan sesuai
-          Penaikan penjabat fungsional cepat
Keburukannya :
-          Pejabat fungsional bimgung dalam mengikuti prosedur administrasi
-          Koordinasi sulit dilaksanakan
-          Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inpseksi sulit dilaksanakan.

4.      Organisasi fungsional dan lini

Bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Kebaikannya :
-          Solidaritas tinggi
-          Disiplin tinggi
-          Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
-          Pekerjan-pekerjaan yang tidak teknis dan rutin tidak dikerjakan.
Keburukannya :
-          Kurang fleksibel dan tour of duty
-          Penjabat fungsional akan mengalami kebingungan karena dikoordinasikan oleh lebih dari satu orang
-          Spesialisasi memberikan kejenuhan.



refrensi  :

- iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id
- repository.usu.ac.id 

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates